Panduan Pendaftaran Beasiswa Merdeka Belajar Untuk Mahasiswa UT

Sesuai dengan amanat pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Pemerintah Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan amanat tersebut, Presiden Republik Indonesia memberikan arahan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui bidang pendidikan sebagai salah satu strategi pembangunan nasional Indonesia 2019-2024. Sejalan dengan arahan tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melakukan berbagai upaya dan terobosan, yang dikemas dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. MBKM diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar mahasiswa di kampus dan di luar kampus, termasuk di industri dan masyarakat, sehingga lulusan perguruan tinggi selain memiliki pengetahuan dan keterampilan yang kompetitif, mereka juga memiliki pengalaman bermasyarakat dan berindustri yang diharapkan dapat mempermudah mereka untuk berkarya setelah lulus.


Program MBKM dikemas menjadi 8 kegiatan payung yang dapat dipilih dan diselenggarakan oleh perguruan tinggi bersama dengan mitranya sehingga dapat ditawarkan kepada mahasiswa. Esensi dari program MBKM adalah memperbolehkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah lintas prodi/jurusan/fakultas di dalam perguruan tingginya, dan juga mengambil mata kuliah dari PT lain di dalam/luar negeri, serta mengerjakan berbagai kegiatan yang dapat diekuivalensikan sebagai pengalaman belajar, secara keseluruhan = 3 semester atau = 60 sks. Dalam mendukung perwujudan program MBKM, Kemdikbudristek meluncurkan program Beasiswa Merdeka Belajar untuk Semua. Program beasiswa MBUS ini ditujukan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta (PTS) untuk dapat mengambil mata kuliah dari berbagai PTN/S papan atas dalam negeri, dan PT ternama luar negeri secara gratis. Tujuan Program beasiswa Merdeka Belajar Untuk Semua diberikan kepada mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta (PTS) untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa melalui penempuhan mata kuliah secara bebas dan gratis dari perguruan tinggi terkemuka di dalam dan luar negeri. Pada akhirnya, selain meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa, pengalaman belajar di PT lain di dalam dan luar negeri akan meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai lulusan yang handal. Mata Kuliah Daring yang tersedia Pada saat ini, terdapat 165 mata kuliah dari Konsorsium ICE Institute, yaitu 14 PTN/S dalam negeri yang dapat dipilih dan ditempuh mahasiswa PTN/S di Indonesia (dapat dilihat pada www.ice.ac.id) sebagai berikut.

NO Institusi Jumlah MK
1 Universitas Terbuka 20
2 Universitas Indonesia 11
3 Institut Pertanian Bogor 11
4 Universitas Pelita Harapan 10
5 Universitas Pradita 20
6 Unika Indonesia Atma Jaya 11
7 Universitas Gadjah Mada 10
8 Universitas Negeri Jakarta 12
9 Universitas Sebelas Maret 18
10 Institut Teknologi Sepuluh November 10
11 Universitas Bina Nusantara 5
12 Telkom University 10
13 AFEBI (Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia) 12
14 Universitas Diponegoro 5
Jumlah 165

Setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendaftar dan menempuh 2 mata kuliah dari daftar MK Daring Konsorsium ICE Institute yang dapat dialihkreditkan ke dalam penempuhan program studinya masing-masing. 

Di samping itu, juga tersedia 1381 mata kuliah dari 55 perguruan tinggi luar negeri di bawah koordinasi EdX (dapat dilihat pada www.ice.ac.id), antara lain: 
• Harvard University 
• MIT 
• Imperial College London 
• Columbia University 
• Delft University of Technology 
• IIT Bombay 
• Kyoto University 
• Waseda University 
• RWTH Aachen University 
• Tsinghua University 
• Tecnol√≥gico de Monterrey 
• The Hong Kong Polytechnic University 
• The Hong Kong University of Science and Technology 
• University of Adelaide, 
• dan masih banyak lagi.
Setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendaftar dan menempuh 2 mata kuliah dari daftar MK Daring EdX yang dapat dialihkreditkan ke dalam penempuhan program studinya masing-masing.Penempuhan mata kuliah dilakukan mahasiswa sampai mahasiswa mengikuti ujian mata kuliah yang dipilihnya, dan jika lulus, mahasiswa memperoleh sertifikat kelulusan yang akan didokumentasikan oleh ICE Institute. Adapun alur dan jadwal pendaftaran Beasiswa Merdeka Belajar Untuk Semua adalah sebagai berikut.
1. Seleksi Mahasiswa di PT Masing-masing
Persyaratan Umum 
Mahasiswa PTN/PTS Indonesia diberi kesempatan berpartisipasi mengikuti Beasiswa Merdeka Belajar Untuk Semua melalui perguruan tingginya masing-masing dengan persyaratan sebagai berikut.

Perguruan Tinggi (PT) yang dapat berpartisipasi: 
  • PT yang terakreditasi atau memperoleh APT Unggul – Baik (https://www.banpt.or.id) 
  • Setiap PTN/S dapat mendaftarkan maksimal 10 (sepuluh) mahasiswa untuk menempuh 2 (dua) mata kuliah dari PT dalam negeri dan/atau 2 (dua) mata kuliah dari EdX yang tersedia selama satu semester, 1 Juli – 31 Desember 2021 
  • Melampirkan Pakta Integritas yang ditandatangani Pimpinan Perguruan Tinggi.  
Mahasiswa yang dapat berpartisipasi dalam Beasiswa Merdeka Belajar Untuk Semua adalah mahasiswa yang: 
  • Menempuh Program Diploma dan Sarjana 
  • Minimal semester 5 
  • Memiliki IPK minimal 3.00 pada skala 4.00 
  • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris (khusus untuk yg akan mengambil mata kuliah Edx) dibuktikan dengan sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris: TOEFL minimum 475 atau yang setara. 
  • Lolos seleksi dari PT masing-masing
Persyaratan Khusus 
Mahasiswa yang diberi kesempatan mengikuti Beasiswa Merdeka Belajar Untuk Semua diharapkan: 
  • Memenuhi persyaratan yang ditetapkan perguruan tinggi asal mahasiswa. 
  • Mendapat rekomendasi dari perguruan tinggi tempat mahasiswa tersebut terdaftar. 
  • Bersedia menandatangani kontrak penyelesaian tepat waktu (tidak lebih dari 5 bulan, 1 Juli 2021 s/d. 31 Desember 2021).
  • Memilih 2 (lima) mata kuliah dari PT Konsorsium ICE Institute dan/atau 2 (dua) mata kuliah dari EdX (sesuai daftar terlampir). 
  • Mata kuliah yang diambil memiliki waktu tempuh tidak lebih dari 5 (lima) bulan (1 semester) (1 Juli 2021 s/d. 31 Desember 2021) 
  • Melaporkan hasil penyelesaian mata kuliah secara digital beserta bukti sertifikat kepada Kemdikbudristek dan ICE Institute. 
Berdasarkan persyaratan-persyaratan tersebut, setiap perguruan tinggi diharapkan dapat melakukan proses seleksi (internal) mahasiswa yang akan diberi kesempatan berpartisipasi dalam Beasiswa Merdeka Belajar Untuk Semua. 

Perhatian: 
a. Mahasiswa yang berminat berpartisipasi untuk memperoleh Beasiswa Merdeka Belajar Untuk Semua dipersilakan mendaftar di perguruan tinggi masingmasing. 
b. Perguruan tinggi yang akan mendaftarkan mahasiswanya ke ICE Institute. 

2. Pendaftaran Beasiswa oleh Perguruan Tinggi 
Perguruan tinggi (PT) mendaftarkan mahasiswa hasil seleksi internal ke dalam sistem ICE Institute melalui tautan: 
https://sl.ut.ac.id/Beasiswa-Merdeka-Belajar

PT mengisi nama perguruan tinggi, kode perguruan tinngi (sesuai dengan kode PT yang tercantum pada PDDIKTI), dan alamat PT secara akurat pada Page 1.

PT mendaftarkan nama-nama mahasiswa yang diusulkan pada page 1sampai dengan page10 sesuai dengan jumlah mahasiswa yang diusulkan.
PT menginput biodata masing-masing mahasiwa, yaitu: nama, NIM, program studi, semester, IPK terakhir (Gunakan titik: contoh 3.90), dan nilai TOEFL atau yang setara secara akurat (Untuk IELTS dan lainnya, gunakan titik, contoh: 5.5).

PT menginput alamat email mahasiswa (alamat email resmi dari setiap PT), 2 (dua) mata kuliah pilihan dari PTN/S dalam negeri yang tersedia pada ICE Institute, dan/atau 2 (dua) mata kuliah dari EdX yang ditawarkan. .
Pendaftaran/pengusulan Mahasiswa oleh PTN/S melalui https://sl.ut.ac.id/Beasiswa-Merdeka-Belajar (beserta lampiran Pakta Integritas) berakhir pada tanggal 21 Juli 2021 jam 23.59 WIB.

3. Proses Seleksi Beasiswa Merdeka Belajar Untuk Semua Setelah usulan daftar mahasiswa dan mata kuliah yang dipilih disampaikan kepada ICE Institute, dilampiri dengan Pakta Integritas yang ditandatangani oleh Pimpinan Perguruan Tinggi, maka Kemendikbudristek dan ICE Institute melakukan proses verifikasi dan seleksi mahasiswa berdasarkan kebenaran data, serta prinsip first come first serve, sesuai dengan kuota yang tersedia.   
PTN/PTS (= 1880 PT) Mahasiswa yang diusulkan Jumlah
2 mk Konsorsium ICE (per mhs) 10 =2650
2 mk EdX (per mhs) = 1000

Proses verifikasi dan seleksi mahasiswa oleh Kemendikbudristek dan ICE Institute akan berlangsung dari tanggal 21 Juli sampai dengan 31 Juli 2021.

4. Pengumuman Hasil Seleksi 
Pengumuman tentang mahasiswa yang berhak menerima Beasiswa Merdeka Belajar Untuk Semua dilakukan oleh Kemendikbudristek dan ICE institute melalui surat elektronik kepada mahasiswa yang terpilih dan kepada perguruan tinggi yang mendaftarkan mahasiswanya. 

Mahasiswa dipersilakan memantau informasi/pemberitahuan di akun email resminya dari perguruan tinggi pada tanggal 3 Agustus 2021 secara bertahap.

Manfaat Beasiswa 
Merdeka Belajar untuk Semua Bagi mahasiswa: 
  • Mendapat kesempatan untuk mengikuti perkuliahan daring pada mata kuliah dari kampus-kampus terkemuka internasional yang ditawarkan oleh EdX (1381 mata kuliah termasuk mata kuliah dari Harvard dan MIT) 
  • Mendapat sertifikat resmi dari perguruan tinggi penyelenggara mata kuliah dan dari EdX yang dapat dialihkreditkan sebagai bagian dari program Merdeka Belajar Kemendikbudristek. 
Bagi PT: 
  • Memperluas jejaring, khususnya terkait dengan jejaring bagi para mahasiswa untuk dapat menimba pengalaman belajar dari luar kampus asal sesuai dengan program Merdeka Belajar Kemendikbudristek. 
  • PT yang mahasiswanya lolos program Beasiswa Merdeka Belajar untuk Semua dan berhasil menyelesaikan perkuliahan dari mata kuliah yang dipilih hingga memperoleh sertifikat akan memberikan nilai tambah bagi reputasi masing-masing PT

Post a Comment

Previous Post Next Post