Perbedaan Ujian Online Registrasi dan Ujian Online Ulang (Ujul)


Sahabat salut, tau gak sih kalo universitas terbuka memiliki layanan ujian online?. Nah, yuk belajar bareng memahami apa itu ujian online, kenapa harus ujian online, apa itu ujian online registrasi, apa itu ujian online ulang.


Ujian online adalah salah satu layanan Ujian Akhir Semster (UAS) diperuntukan bagi mahasiswa yang tidak bisa mengikuti UAS tertulis pada waktu yang ditelah dijadwalkan. Nah, dengan begitu mahasiswa tetap diberikan kesempatan mengikuti UAS dengan metode UAS Online atau yang disebut Ujian Online. sistem ujian online terbagi menjadi dua, yaitu Ujian Online Registrasi dan Ujian Online  Ulang (Ujul).


Ujian Online Registrasi adalah ujian online yang prosesnya bersamaan pada saat registrasi mata kuliah. ujian online registrasi bisa diambil karena beberapa alasan, seperti karena tidak bisa UAS tertulis, atau juga karena terdapat 2 mata kuliah atau lebih yang diambil di semester tersebut namun memiliki kesamaan waktu ujian (Bentrok), sehingga mengharuskan pemisahan waktu ujian.


Ujian Online Ulang atau Ujul yaitu ujian online ulang karena terdapat nilai kurang memuaskan pada mata kuliah yang telah diambil, dan tentunya waktunya berbeda dengan waktu Ujian tertulis serta ujian online regisrasi.


Proses registasi Ujian Online:

Setelah anda memahami Perbedaan Ujian Online Registrasi dan Ujian Online  Ulang (Ujul) maka langkah selanjutnya adalah memastikan ujian online mana yang akan anda pilih, kemudian memastikan waktu kapan registrasi ujian online tersebut dengan membuka kalender akademik masa registrasi yang sedang berjalan.


langkah registrasi Ujian Online Registrasi dan Ujian Online  Ulang (Ujul) yaitu terlebih dahulu login ke laman sia.ut.ac.id - Registrasi - Ujian Online (UO) - Registrasi UO. Pada tahap ini anda akan melihat form yang berisi :

  1. Masa registrasi (otomatis), 
  2. Pilihan jenis ujian yaitu ujian online registrasi atau ujian online ulang,
  3. UPBJJ :  pilih UPBJJ terdekat domisili anda
  4. Lokasi Ujian: pilih lokasi ujian online terdekat yang tercaver di UPBJJ terdekat domisili anda saat akan melakukan ujian online.

Kemudian klik proses, akan muncul  tanggal-tanggal yang telah dijadwalkan untuk pilihan waktu ujian online, kemudian pilih kode mata kuliah - dan tentukan tanggal ujianya - lalu klik simpan. kemudian cetak LIP yang muncul.

Nah, semoga membantu ya...

Post a Comment

Previous Post Next Post