Update Cara Registrasi Mata Kuliah Universitas Terbuka Masa Registrasi 2021.2


Diinformasikan kepada seluruh mahasiswa Universitas Terbuka Kabupaten Kebumen, bahwa terdapat beberapa perubahan kode mata kuliah pada masa registrasi 2021.2, perubahan kode mata kuliah tersebut dapat dicek masing-masing jurusan melalui dikatalog terbaru disini.

Update Cara Registrasi Mata Kuliah Universitas Terbuka Masa Registrasi 2021.2 ini perlu diketahui karena tanpa mengetahui kode mata kuliah terbaru tentunya akan kesulitasn melakukan entri mata kuliah karena beberapa kode mata kuliah yang lama telah berganti kode yang baru.

Cara Registrasi Mata Kuliah Universitas Terbuka Masa Registrasi 2021.2 terupdate bagi mahasiswa masukan sebelum semester saat ini, adalah:

Aktivasi Akun.
silahkan aktivasi akun terlebih dahulu, yaitu denganmembuka laman https://sia.ut.ac.id/activation kemudian isikan alamat email aktif dan juga chapta yang tersedia, klik tombol "Aktivasi Akun". kemudian cek email masuk, akan ada link Aktivasi Akun, ikuti petunjuk yang ada di email tersebut. 

Beberapa permasalahan terkait aktivasi akun adalah terdapat permasalahan link aktivasi tidak terkirim kedalam email yang sudah di daftarkan, maka Cek menu Spam pada email anda. selain itu, jika link aktivasi tersebut sudah expired (lebih dari 3 x 24 jam), maka Klik menu “Aktivasi & Login” kemudian klik tombol “Aktivasi Akun Mahasiwa”.
Untuk penjelasan lebih lengkap dapat diklik disini.

Login
Silahkan login pada link https://sia.ut.ac.id/login kemudian masukan email dan pasword yang dibuat sesuai petunjuk aktiasi akun. beberpa permasalahan yang ada adalah ketika login, status mahasiswa terdeteksi masih calon mahasiswa padahal sudah memiliki nim, solusinya adalah silahkan lapor ke pengelola pokjar atau Lapor ke UPBJJ masing-masing dan minta kepada petugas terkait untuk reset email. Lakukan proses register ulang dan aktivasi akun dengan memilih menu “Register Akun” dan klik tombol “Register Mahasiswa UT” seperti pada proses Aktivasi Akun.

Permasalahana lain yang sering muncul adalah lupa password login. solusinya adalah Klik menu “Aktivasi & Login” pada halaman https://sia.ut.ac.id/. Klik tombol “Login”. Klik “Forgot Your Password?”, kemuadian ikuti langkah-langkah yang diminta oleh sistem. Atau anda juga bisa langsung klik ling https://sia.ut.ac.id/password/reset.

Registrasi Matakuliah
Setelah berhasil login di link https://sia.ut.ac.id/login, silahkan pilih menu Registrasi - Registrasi Mata Kuliah - Registrasi MTK Sipas (jika sipas) atau Registrasi MTS Non Sipas (jika non Sipas), kemudian klik tombol Cari, maka anda akan terdapat tabel isian pilihan tempat/lokasi ujian serta input kode mata kuliah. untuk kode mata kuliah terbaru dapat dilihat disini

beberapa permasalahan yang kadang muncul saat registrasi mata kuliah adalah:
  1. Terdapat keterangan tingkat semester tidak sesuai ketika akan melakukan proses registrasi matakuliah, soluasinya Cek kembali katalog disini, atau Lapor kepada Pengelola, lapor kepada UPBJJ tempat anda mendaftar atau Hallo UT.
  2. Muncul keterangan “Tempat Ujian tidak ditemukan, harap hubungi BAKP”, solusinya Silahkan menghubungi Pengelola, lapor kepada UPBJJ tempat anda mendaftar atau Hallo UT. untuk melakukan pengecekan dan pendaftaran tempat ujian sesuai dengan data pribadi anda.
  3. keliru lokasi ujian atau mata kuliah yang terlanjur selesai dientri, solusinya Silahkan melakukan Drop biling selama billing belum dibayar lunas, dengan langkah-langkah :- Lakukan drop billing registrasi.- Lakukan registrasi ulang. Namun jika billing sudah lunas, silahkan menghubungi Pengelola, UPBJJ tempat anda mendaftar atau Hallo UT.
  4. Paket matakuliah tidak sesuai dengan katalog, solusinya Cek kembali katalog terbaru disini, jika tidak sesuai segera hubungi Pengelola, UPBJJ terkait atau Hallo UT.
  5. Tidak bisa registrasi karena sudah berkali-kali Drop biling, solusinya pastikan anda apabila akan merubah biling registrasi matakuliah tidak melebihi  9 kali per semester dengan Jumlah maksimal SKS yang diambil adalah 24 SKS/Semester.

Tutorial Online (Tuton)
Tuton adalah langkah kedua yang harus dilakukan mahasiswa jika ingin mengikuti kegiatan tutorial pada semester berjalan. Registrasi matakuliah tuton dilakukan bersamaan dengan registrasi matakuliah. Tuton tidak bersifat wajib, namun apabila ingin mengikuti tuton silahkan klik button check list “Reg Tuton”. atau bisa juga klik update status tuton selama dalam rentang batas waktu yang ditelah ditentukan. Prose supdate tuton dapat dilakukan pada menu “Update Reg Tuton”.

Pembayaran Billing Registrasi Matakuliah
Anda bisa melakukan proses pembayaran pada Bank atau merchant yang bekerjasama dengan Universitas Terbuka, seperti :  Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BNI, Alfamart

Post a Comment

Previous Post Next Post