Wednesday, June 30, 2021

Cara Menggunakan Laman htpp://praktik.ut.ac.id Untuk Praktik/Praktikum Mahasiswa Universitas Terbuka Tahun 2021.1

Mengakses Aplikasi Praktik/Praktikum
Untuk dapat mengunggah laporan praktik/praktikum, langkah pertama yang harus dilakukan mahasiswa adalah mengakses Aplikasi Praktik/Praktikum dengan mengetik htpp://praktik.ut.ac.id pada alamat mesin pencarian (browser) internet Google Chrome versi terbaru terlebih dahulu

Login
Selanjutnya, untuk dapat masuk ke dalam Aplikasi Praktik/Praktikum mahasiswa harus melakukan login terlebih dahulu. Untuk melakukan login mahasiswa dapat melakukan langkah sebagai berikut.
  1. Isi kotak Username dengan NIM mahasiswa. Contoh Username: 012982543
  2. Isi kotak Password dengan tanggal lahir mahasiswa dengan format ddmmyyyy (8 digit). Contoh Password untuk mahasiswa yang tanggal lahirnya 24 November 1981 adalah 24111981.
  3. Setelah kotak Username dan Password terisi, klik tombol “Login”


Ubah Password
Mengingat password bersifat rahasia dan tanggung jawab atas password tersebut melekat pada mahasiswa, maka setelah mahasiswa berhasil login dan masuk ke Aplikasi Praktik/Praktikum mahasiswa diminta melakukan Ubah Password.


Langkah Ubah Password adalah sebagai berikut.
  1. Klik tanda yang terletak pada bagian kanan atas tampilan halaman awal (Home) Aplikasi Praktik/Praktikum.
  2. Isi kotak Password Lama dengan NIM mahasiswa (untuk ubah password pertama kali).
  3. Isi kotak Password Baru dengan huruf/angka/karakter yang berbeda dengan password lama.
  4. Isi kotak Konfirmasi Password dengan huruf/angka/karakter yang sama dengan isian pada kotak Password Baru (ulangi Password Baru).
  5. Klik tombol Simpan. 
  6. Jika perubahan password berhasil maka akan muncul kotak dialog “Password anda berhasil diubah.” Selanjutnya klik tombol OK pada kotak dialog tersebut.
  7. Dengan perubahan password ini, mahasiswa tidak dapat menggunakan kembali password lama dan harus menggunakan password baru ini untuk masuk Aplikasi Praktik/Praktikum pada waktu berikutnya.

Unggah Laporan
Setelah mahasiswa berhasil login dan masuk ke Aplikasi Praktik/Praktikum, mahasiswa akan melihat tampilan halaman Unggah Laporan Praktik/Praktikum.

Pada halaman Unggah Laporan Praktik/Praktikum tersebut akan muncul data NIM/Nama Mahasiswa, Kode/Nama Program Studi, Kode/Nama UPBJJ, dan Daftar Kode/Nama Mata Kuliah Praktik/Praktikum yang diregistrasikan mahasiswa.

Selanjutnya untuk dapat mengunggah laporan praktik/praktikum mahasiswa dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Sebelum mahasiswa mengunggah laporan sesuai mata kuliah yang telah diregistrasikan, mahasiswa harus menyiapkan laporan akhir praktik/praktikum dalam bentuk satu file PDF dengan ukuran maksimal 5 MB.
  2. Selanjutnya klik Unggah Laporan pada kolom Aksi sesuai dengan mata kuliah yang akan diunggah laporan praktik/praktikumnya.

  3. Setelah muncul kotak dialog Unggah Laporan Praktik/Praktikum klik Pilih File atau Choose File atau Browse.

  4. Setelah muncul kotak dialog File Explorer, klik file laporan praktik/praktikum (dalam bentuk file PDF maksimal berukuran 5 MB) yang akan diunggah, kemudian klik tombol Buka atau Open pada bagian bawah kotak dialog File Explorer.

  5. Setelah nama file laporan praktik/praktikum yang akan diunggah muncul pada kotak Pilih File atau Choose File atau Browse, klik tombol Unggah Laporan.

  6. Untuk memastikan file laporan praktik/praktikum sudah benar, mahasiswa dapat melihat tampilan file yang telah diunggah pada kotak di bawah tempat unggah laporan praktik/praktikum.

  7. Jika tampilan file yang telah diunggah tidak sesuai dengan file yang seharusnya diunggah, maka mahasiswa dapat mengunggah ulang file tersebut dengan mengulangi Langkah D.3.
  8. Jika tampilan file yang telah diunggah sudah sesuai dengan file yang seharusnya diunggah, maka mahasiswa dapat melanjutkan mengunggah ulang file laporan praktik/praktikum untuk mata kuliah lainnya dengan mengulangi Langkah D.2 sampai dengan Langkah D.6 hingga laporan praktik/praktikum seluruh mata kuliah yang diregistrasikan. 
  9. Setelah laporan praktik/praktikum yang diunggah mahasiswa telah divalidasi oleh Tutor/Pembimbing/Instruktur/Supervisor/Pemeriksa, mahasiswa tidak dapat mengunggah ulang laporan praktik/praktikum. Oleh karena itu setelah mahasiswa mengunggah file laporan praktik/praktikum, pastikan bahwa file laporan praktik/praktikum tersebut telah sesuai.

0 Please Share a Your Opinion.:

Post a Comment